Notification

×

Iklan

Iklan

Keamanan pada Aplikasi Whatsapp

Kamis, 29 Februari 2024 | 15:34 WIB Last Updated 2024-02-29T08:39:06Z


Aplikasi Whatsapp digunakan oleh banyak pengguna di Indonesia dan banyak juga terjadi kejahatan siber dengan memanfaatkan aplikasi Whatsapp. Untuk memitigasi risiko, diperlukan setting keamanan yang baik pada aplikasi Whatsapp agar tidak mudah dijebol oleh hacker. Yuk terapkan setting keamanan berikut ini.


Mengaktifkan Two-Step Authentication


Hal ini bertujuan untuk mengatasi password yang tidak aman karena informasi password diretas, ditebak, atau bahkan terkena phishing. Mengaktifkan two-step authentication akan menambah kesulitan bagi hacker dalam mengakses aplikasi Whatsapp. Tanpa informasi dari two-step authentication, maka mengetahui password saja menjadi tidak berguna.

Cara mengaktifkannya yaitu : Settings > Account > Two-Step Authentication > Enable > atur Passcode dan Email Address.


Mengaktifkan Screen Lock


Hal ini bertujuan untuk melindungi akses tidak sah saat pengguna tidak menggunakan perangkatnya yang menjalankan aplikasi WhatsApp. Namun Minres tidak menyarankan hal ini karena berarti pengguna menyetorkan data biometrik ke server Whatsapp.

Cara mengaktifkannya yaitu : Settings > Privacy > Fingerprint Lock > Unlock with Fingerprint, geser ke ON, lakukan Set Up Fingerprint kemudian atur waktu Automatically Lock.

Sumber: Restia Moegiono

×
Berita Terbaru Update