Notification

×

Iklan

Iklan

Menkes RI sampaikan Program Pembangunan Kesehatan dihadapan Ormas

Senin, 03 April 2017 | 12:05 WIB Last Updated 2017-07-01T03:45:36Z
KesmasOnline - Di ruang Rapat Dr. J. Leimena Gedung Adhyatma Lantai 2, Kementerian Kesehatan, Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek Sp.M (K), menyampaikan berbagai macam Program Pembangunan Kesehatan berikut permasalahan kesehatan yang dicapai oleh bangsa Indonesia. 

Menkes sampaikan perihal Transisi Pola Penyakit terkait PERILAKU, PERUBAHAN Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), PERAN Organisasi Kemasyarakatan, dan Strategi PERAN SERTA MASYARAKAT.

Perubahan pola penyakit Terkait dengan faktor perilaku adalah sebagi berikut: Pada tahun 1990 an penyakit di dominasi penyakit menular seperti, ISPA, TB dan Diare. Namun polanya  berubah dalam kurun waktu 20 tahun, dimana pada tahun 2010 Penyakit Tidak Menular mendominasi seperti: Stroke, Kecelakaan, Jantung, Kanker, dan Diabetes. 

Data dalam 30 tahun terakhir menunjukkan: Penyakit Tidak Menular menjadi penyakit dengan presentase terbesar yang ada pada masyarakat Indonesia dibandingkan dengan Penyakit Menular. Aktivitas Fisik yang kurang, Konsumsi Rokok yang tinggi, Minuman Beralkohol dan kurangnya konsumsi Buah dan Sayur menjadi Faktor Resiko meningkatnya Penyakit Tidak Menular (PTM). Pada tahun 2015, kematian Penyakit Tidak Menular (PTM) terbesar adalah: Stroke, Kecelakaan lalu lintas, Jantung Iskemik, Kanker, dan Diabetes Melitus.
Semua hal diatas terkait dengan Perubahan Perilaku yang terjadi dikalangan masyarakat kita. Oleh karenanya, semua dapat ditekan dengan dimulai adanya perubahan diri dan keluarga untuk   ber-perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah Sekumpulan PERILAKU yang dipraktikan atas dasar KESADARAN sebagai hasil pembelajaran, yang menjadikan seseorang, keluarga, kelompok, atau masyarakat Mampu Menolong Dirinya sendiri dibidang Kesehatan. Organisasi Kemasyarakatan yang hadir antara lain:

1. Yayasan Jaringan Nusantara D.I.Yogyakarta (Jannur)
2. Pengajian Al-Hidayah
3. Parisada Hindu Indonesia (PHDI)
4. Pergerakan Wanita Nasional Indonesia
5. Pergerakan Wanita Nasional Indonesia
6. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)
7. Muslimat Nahdlatul Ulama
8. Persatuan Islam di Bandung
9. Persatuan Gereja-Gereja di Indonesia
10. Fatayat Nahdlatul Ulama
11. Kongres Wanita Indonesia (Kowani)
12. PP. Aisyiyah
13. Persekutuan Kristen Untuk Kesehatan Di Indonesia
14. Dharma Wanita Persatuan Pusat
15. TP PKK Pusat
16. Persatuan Karya Dharma Kesehatan Indonesia (Perdhaki)
17. Kwartir Nasional Gerakan Pramuka



Paparan Menkes, ditutup dengan harapan, Transisi pola penyakit yang memerlukan suatu gerakan yang massive pada individu, keluarga dan masyarakat Kebijakan pemerintah,  salah satunya GERMAS bertujuan merubah kesadaran, kemauan dan kemampuan  berperilaku sehat 

Organisasi Kemasyarakatan merupakan kepanjangan tangan pemerintah dalam MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP individu, keluarga dan masyarakat.


Salam Sehat,
Admin







×
Berita Terbaru Update