Notification

×

Iklan

Iklan

Kwarnas: Pertinas SBH Punya Peran Dalam Menjaga Kesehatan Nasional

Kamis, 30 Maret 2017 | 08:30 WIB Last Updated 2018-06-22T11:06:40Z
Perkemahan Bakti Saka Bakti Husada (Pertinas SBH) ke-V resmi ditutup di Bumi Perkemahan Serut Blitar Sabtu (22/10/2016). Seperti halnya pada saat pembukaan, penutupan Pertinas SBH juga diawal dengan upacara adat Bhineka Tunggal Ika, yakni menampilkan pakaian adat dari Sabang sampai Maraoke.
 
Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Organisasi dan Hukum Kak Kodrat Pramudho yang bertindak sebagai pembina upacara penutupan mengatakan, ada tiga peran penting dalam kegiatan ini yang bisa dimanfaatkan oleh para peserta.

Pertama, kata Kak Kodrat, dengan kemah ini Pramuka bisa mengenali berbagai permasalahan kesehatan masyarakat dengan cara mendeteksi.misalnya gema Pramantik (Gerakan Bersama Pramuka Pemantau jentik) salah satu yang dapat ikut menyumbangkan kepada bangsa ini.‎

Kedua, peran adik-adik dapat dimainkan sebagai pendamping masalah masyarakat dalam menyelesaikan masalah kesehatan. Misalnya apabila ada ibu-ibu yang tidak membawa bayi berimunisasi ke posyandu  adik-adik bisa membawa bayinya untuk di imunisasi.‎
 “Ketiga, peran adik-adik adalah menjadi penggerak masyarakat,” ujarnya.‎
 
Kak Kodrat berharap, ‎kegiatan perkemahan ini bermanfaat bagi anggota Pramuka di kehidupannya masing-masing, keluarga, tetangga, masyarakat dan bangsa. “Dalam kegiatan pertinas SBH yang akan datang ada beberapa usulan, ada kalimantan, Bali, Sulawesi, Papua. Hal ini akan dibahas di munas 2018,” jelasnya.

Tidak lupa Kak Kodrat yakin dari 2000 peserta yang mengikuti kegiatan ini beberapa diantaranya ada yang akan menjadi pemimpin masa depan. ‎”Kalian akan berdiri seperti ini, saya doakan anda menjadi pemimpin yang handal ada yang jadi presiden, ada yang jdi gubernur, ada yang jdi bupati, ada yang jadi pengusaha yang amanah,” pungkasnya. (HA/Humas Kwarnas)


×
Berita Terbaru Update