Notification

×

Iklan

Iklan

Sumber Serat, Buatan Tuhan Mau Dilawan !

Jumat, 24 April 2015 | 09:28 WIB Last Updated 2015-04-24T02:31:47Z
Makanan kaya serat sebenarnya bukan merupakan makanan yang  rumit didapat. Tuhan sudah menyediakannya secara jelas dan gampang. Apalagi kita tinggal di daerah tropis, makanan kaya serat terbilang melimpah.

Kenapa diketengahkan segar? Karena selain kaya akan serat, buah dan sayuran harus diusahakan tetap kaya oleh enzim, mineral, vitamin, fitokimia dan unsur hara penting lain. Umumnya semua itu rusak saat terjadi pemanasan. Jadi segar adalah opsi yang sangat harus dioptimalkan.

Takut kuman? Hari gini! Itu ketakutan yang dibesar-besarkan. Bakteri, virus, parasit itu jauh lebih mudah dihilangkan ketimbang efek buruk makanan yang diproses atau makanan minim serat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Solusinya sudah banyak, bisa direndam dalam wadah air diberi tetesan cuka apel, dicuci dalam air mengalir selama 3-5 menit sambil dibersihkan dengan sabun khusus buah-sayur (bisa didapat di toko organic atau beberapa apotik).

Kalau saya agak canggih, bermodalkan mesin pemroses air buatan Enagic corp. saya punya air ber PH asam dan basa yang sangat kuat, sehingga mampu mematikan ragam jasad renik merugikan dalam waktu singkat, serta mengangkat petisida atau efek anorganik lain bila saya membeli buah-sayur non organik.

Bagaimana dengan makanan serat pabrikan? Ini saya gak pernah sarankan. Pertama, makanan pabrikan sudah melalui proses pemanasan, homogenisasi yang membuat enzyme, mineral, vitamin rusak, sehingga harus difortifikasi agar tergantikan, juga efek oksidasi berpotensi meningkatkan radikal bebas. Sementara serat buatan, itu juga tidak bisa menjamin bahwa efek yang sama terjadi pada sistem cerna. Kedua, saya bahkan pernah mendengar dari rekan saya ahli kesehatan, bahwa ada kasus gangguan pencernaan yang harus dioperasi, saat terjadi, ditemukan substansi lengket yang menggumpal di sepanjang areal usus, setelah diteliti, ternyata pasien itu memiliki kebiasaan mengkonsumsi serat artifisial yang gencar berpromosi di televis, untuk membantu proses buang air  besar.

Buatan Tuhan mau dilawan!
(erykar.com)
×
Berita Terbaru Update